Download Freeware: Kingsoft Office Suite Free 2012 (Microsoft Office Alternative)

Dulu saya sempat menulis tentang Kingsoft Office 2007 Personal, yang notabene merupakan versi gratis bagi pengguna pribadi non komersial. Kini, Kingsoft Corporation selaku pengembang Kingsoft Office telah merilis versi baru dari seri Kingsoft Office Professional, yaitu Kingsoft Office Suite Free 2012. Mengapa ada kata “Free”? Ternyata versi baru ini sudah diterbitkan sebagai freeware (gratis). Padahal versi pendahulunya, yaitu Kingsoft Office 2010 Professional merupakan software berbayar yang dijual dengan harga sekitar 650 ribu rupiah!
Bahkan saya sendiri (sebelum tahu versi 2012), masih menggunakan versi trial selama 1 tahun dari versi 2010-nya. Itupun untuk memperolehnya juga butuh perjuangan! Arrrgh…
Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, Kingsoft Office merupakan office suite alternative terbaik (menurut penilaian saya pribadi) dari Microsoft Office jika dibandingkan dengan office suite versi gratis yang lain (OpenOffice.org, Libre Office).
Kingsoft Office Suite Free 2012
Hal yang paling menarik dari Kingsoft Office Suite Free 2012 adalah tampilan (interface) yang sangat mirip dengan Microsoft Office 2003, termasuk fungsi-fungsinya. Jadul? Mungkin untuk beberapa orang, tetapi untuk orang seperti saya yang “alergi” dengan tampilan Ribbon Microsoft Office 2007, interface Kingsoft Office Suite Free 2012 terasa sangat pas!
Hanya itu saja? Tentu tidak. Cobalah Anda perhatikan fitur-fiturnya:
  • Tidak memerlukan Runtime Java (seperti yang digunakan OpenOffice.org). Membuat Kingsoft Office sangat ringan di sumber daya CPU, bahkan lebih ringan dari Microsoft Office itu sendiri.
  • Fokus pada tiga aplikasi Office Suite yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang, yaitu Kingsoft Writer (Ms-Word), Kingsoft Spreadsheet (Ms-Excel) dan Kingsoft Presentation (Ms-PowerPoint).
  • Menggunakan interface Microsoft Office 2003, menjadikannya sederhana dan mudah bagi semua pengguna.
  • Memiliki banyak operasi yang sama dengan Microsoft Office, seperti perintah menu, tombol shortcut dan sebagainya.
  • Telah terintegrasi dengan Equation Editor yang sama untuk membuat pekerjaan �berhitung� menjadi lebih mudah.
  • Kompatibilitas yang tinggi. Pengguna dapat membuka, mengedit, menyimpan file dalam format file Microsoft Office (97/2000/2003/2007/2010), seperti Microsoft Word (.doc, .docx), Excel (.xls, .xlsx), PowerPoint (.ppt, .pptx).
  • Terintegrasi fungsi untuk mengeksport file ke dalam format PDF.
  • Menggunakan metode enkripsi yang sama tinggi dengan Microsoft Office, sehingga pengguna bisa memproteksi dokumennya dengan password.
  • Instalasi yang hemat ruang harddisk, hanya menghabiskan sekitar 170MB (dibandingkan dengan Microsoft Office yang setidaknya membutuhkan lebih dari 600MB).
  • Gratis tanpa syarat. Juga tanpa iklan (adware) maupun fitur toolbar yang mengganggu.
  • Mendukung Windows 2000/Windows XP/Windows Vista/Windows 7.
Sedangkan spesifikasi komputer yang diperlukan untuk menggunakan Kingsoft Office juga tidak berat, cukup dengan CPU Pentium III dan memori (RAM) 256MB.
Jadi, mana yang sebaiknya diinstall di komputer, Kingsoft Office Suite Free 2012 atau Microsoft Ofiice?
Jawabannya: Tergantung keadaan.
Jika sudah memiliki Microsoft Office yang asli (bukan bajakan), mungkin tetap memakai Microsoft Office (kan sayang kalau dibuang, harganya muahall poll!!). Tapi kalau belum punya (atau sudah punya Microsoft Office tapi nggak asli/bajakan), Kingsoft Office Suite Free 2012 sangat saya anjurkan untuk diinstall.
Biar tidak was-was kalau sedang online atau update program, juga merasa aman ketika ada razia komputer (seperti yang sering saya alami ketika di bandara).
Silahkan kunjungi website Kingsoft untuk mengetahui lebih lanjut tentang Kingsoft Office Suite Free 2012 atau untuk mendownload file installer Kingsoft Office Suite Free 2012 (ukuran file installer relatif kecil untuk sebuah office suite, sekitar 68.3MB).
Ingat, program ini murni gratis (Freeware). Baik untuk penggunaan pribadi maupun untuk penggunaan di lingkungan perusahaan.
Aman…[ sumber ]



Related Post

Random Post

Loading...

All Post Change Here..................